Tamu Yayasan

Kamis, 12 Januari 2017

TIGA KEBUTUHAN DASAR ANAK



Pertumbuhan dan perkembangan buah hati menjadi perhatian orang tua. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan, karena proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan.
Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya.Menurutnya, proses tumbuh kembang tiap anak harus berjalan optimal dan tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar yaitu Asuh, Asih dan Asah.

Pertumbuhan dan perkembangan anak bukan hal yang sama.Setiap pertumbuhan anak disertai dengan perubahan fungsi. Misalnya perkembangan intelegensia pada seorang anak akan menyertai pertumbuhan otak dan serabut saraf. Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Berikut lebih jelas mengenai pengertian tiga kebutuhan dasar anak, yaitu :
1. ASUH (Kebutuhan Biomedis)
Menyangkut asupan gizi anak selama dalam kandungan dan  sesudahnya, kebutuhan akan tempat tinggal, pakaian yang layak dan aman, perawatan kesehatan dini berupa imunisasi dan intervensi dini akan timbulnya gejala penyakit.

2. ASIH (Kebutuhan emosional)
Penting menimbulkan rasa aman (emotional security) dengan kontak fisik dan psikis sedini mungkin dengan ibu. Kebutuhan anak akan kasih sayang, diperhatikan dan dihargai, pengalaman baru, pujian, tanggung jawab untuk kemandirian sangatlah penting untuk diberikan.

3. ASAH ( kebutuhan akan stimulasi mental dini)
Cikal bakal proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang diberikan sedini  dan sesuai mungkin.Terutama pada usia 4 – 5 tahun pertama ( golden year) sehingga akan terwujud etika, kepribadian yang baik, kecerdasan, kemandirian, keterampilan dan produktivitas yang baik.

Taman Kanak-kanak Wiradhika yang berada di jalan Blok Pondok,Kel.Cijujung,kec. Sukaraja,kabupaten Bogor,dalam melaksanakan kegiatan belajar di kelas mengikuti pola ketiga kebutuhan dasar anak agar anak mendapat layanan yang baik dan sesuai untuk tumbuh kembang di masa mendatang.

sumber:Liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar