Rabu, 01 April 2020
Sabtu, 21 Maret 2020
Aktivitas anak-anak di TK Wiradhika
Permainan yang meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan majemuk
Bu Guru sedang memberikan contoh |
Silakan coba jangan ragu-ragu |
Yuk coba bersama-sama |
Boleh dong tampil beda |
Ayo semangat...jangan takut mencoba
Dilihat dari segi
umur, orangtua dapat memasukkan anak ke sekolah TK Wiradhika berapa pun usianya. Namun, umur anak
untuk sekolah TK yang direkomendasikan adalah minimal 5 tahun.Pada usia ini,
anak dinilai sudah lebih matang, baik secara emosional, perilaku, pola pikir,
kemampuan berbahasa, hingga kemampuan sosialnya. Anak-anak usia 5 tahun memang
masih sangat senang bermain dibanding belajar, namun setidaknya mereka sudah
bisa diajarkan hal yang baik dan buruk.Di usia 5-6 tahun, anak dapat memusatkan
fokusnya kepada satu hal dengan durasi yang lebih lama. Ia juga akan lebih
mengerti tentang konsep sederhana, seperti tentang jam, hari, maupun mulai bisa
membaca (pada beberapa anak).Dari segi kemampuan berbahasa, sekolah TK bisa
jadi sarana yang baik untuk mengembangkan anak di usia ini. Kosakata anak akan
tumbuh sangat pesat sekitar 5-10 kata baru per hari.Anak usia 5-6 tahun juga
dapat mengingat kata yang sebetulnya tidak ia pahami. Anda pun tidak perlu
kaget jika beberapa dari mereka sering berbicara layaknya orang dewasa,
termasuk berlagak seolah mereka tengah menggurui Anda.Perlu diingat juga bahwa
anak usia 5-6 tahun masih sangat moody sehingga sekali-dua kali malas pergi ke
sekolah TK bukanlah hal yang aneh. Saat Anda menemui tanda-tanda ini, ajak ia
bicara, dengarkan keluh-kesahnya, dan beri ia waktu untuk beristirahat di rumah
saja.
Kami tunggu kehadiran putra-putri Anda untuk bergabung dengan keluarga besar TK Wiradhika.
Kami tunggu kehadiran adik-adik semua untuk bergabung dengan TK Wiradhika |
Minggu, 01 Maret 2020
Ajak anak berpuasa
Betapapun kompleksnya gagasan religius yang mungkin dimiliki anak kecil untuk dipahami sepenuhnya, rasa kebersamaan yang diberikan oleh setiap komunitas adalah sesuatu yang dapat mereka kaitkan sejak usia dini. Mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam pertemuan keluarga Anda sendiri selama bulan Ramadhan dapat menjadi cara yang baik untuk memulai.
Biarkan mereka untuk tinggal sedikit lebih lambat dari biasanya dan bergabunglah dengan doa-doa khusus Anda, misalnya. Untuk merasakan bagaimana cara kerja yang cepat dan memahami pentingnya, anak-anak harus diajak membantu menyiapkan makanan Ramadhan dan disambut dengan makan malam keluarga. Dorong persahabatan antara anak-anak Anda dan teman dan saudara mereka yang puasa, dan biarkan mereka saling menginspirasi.
http://www.lifeline.ae/lifeline-hospital/5-ways-to-ease-your-child-into-fasting-during-ramadan
Jumat, 04 Oktober 2019
TK WIRADHIKA TERUS MENGGALI POTENSI ANAK-ANAK YANG LUAR BIASA
Orang tua atau wali murid mana yang tidak bangga melihat putra-putrinya terus tumbuh dan berkembang di TK Wiradhika.Semua aktivitas yang menjadi bekal dikemudian hari dilatih dan dipupuk oleh sekolah.
Berikut ini beberapa kegiatan yang dilakukan anak-anak TK Wiradhika.
Persiapan menanam makanan sehat,sayur mayur
Menanam Bibit,teliti,cermat dan tekun
Menggali Potensi Putra-Putri dalam berekspresi lagu dan Gerak
di TK Wiradhika....Ayooo terus semangat
Mantap latihan terus...pasti nanti bagus dan keren
Persiapan menanam makanan sehat,sayur mayur
Senin, 27 Mei 2019
AKTIVITAS MULTI INTELLEGENCE DI TK WIRADHIKA
Menanam Padi..pengalaman yang sangat menyenangkan |
Mengembangkan kesenian |
Memandikan dan bermain dengan kerbau |
kolaborasi dalam ragam budaya |
Baju Adat Sunda |
Meningkatkan ketrampilan |
Pakaian adat Putri cantik |
Bu guru Selfie dengan Peserta didik TK Wiradhika |
Hidroponik tempat belajar yang menyenangkan |
Balonku ada banyak...rupa-rupa warnanya |
Bersama Bapak Pengawas UPT Kecamatan |
Bermain air sungguh menyegarkan |
Bersih bersih untuk menanam bibit di Hidroponik |
Minggu, 26 Mei 2019
PENDIDIKAN 4.0 DI TK WIRADHIKA ? LUAR BIASA
Mengamati Lingkungan sekitar |
TK Wiradhika sejak awal sudah mulai menyiapkan peserta didiknya untuk mampu beradaptasi era 4.0.Di sekolah sudah menerapkan ketrampilan Pembelajaran abad 21
,4 4C(Communication,Colalaborative.Critical thingking,Creativity),penggunaan Kurikulum 2013 dan Pendidikan karakter
Komunikasi sesama teman |
Kerjasama dengan teman temanmenanam benih sayuran |
Kreativitas dan inovasidalam bercocok tanam Hidroponik |
Diskusi bagaimana menanam sayur |
Benih sudah dimasukan ke rock wool |
Panen..panen sayur mayur |
Pembinaan Karakter "Program Jumat Mengaji" |
Selasa, 26 Desember 2017
Sekolah yang Peduli dengan Tahun keemasan (The Golden Age) anak
Kehidupan merupakan satu siklus panjang sementara kehidupan itu
sendiri senantiasa berubah. Masing-masing kita menjadi pemeran perubahan itu
sendiri, baik sebagai orang tua atau wali murid. Sebagai orang tua tentu saja
kita memilih sekolah yang baik untuk untuk generasi penerus.Kita sendiri yang
telah menentukan ,dan kita sendiri pulalah yang telah mengukir langkah awal
anak tersebut untuk kehidupan yang akan datang.Untuk
memahami proses panjang dalam kehidupan di dunia ini, dari lahir sampai dengan
hari akhir untuk berbakti kepada Allah SWT, manusia melalui satu fase usia
keemasan (the golden ages) yakni usia antara 0 – 5 tahun. Usia ini merupakan
usia yang mengalami perkembangan intelegensi yang paling optimal.
Pada usia
inilah anak-anak mengalami proses perkembangan intelegensi yang paling tinggi.
Oleh karena itu usia keemasan adalah modal yang tak ternilai harganya untuk
membina anak-anak bangsa.Dalam masa usia keemasan ini, anak-anak kita memasuki
dunia pendidikan yang dikenal dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang
meliputi 1) Taman Penitipan Anak (TPA), 2) Kelompok Bermain (Play Group) antara
2 s.d 4 tahun, dan Taman Kakak-Kanak (TK) atau Raudhatul Atfal (RA) antara 4/5
s.d 6/7 tahun. Mengapa usia-usia tersebut dikenal sebagai usia keemasan? Karena
usia tersebut menjadi usia yang paling optimal untuk mendidik semua tipe
kecerdasannya. Sesuai dengan konsep kecerdasan manusia menurut Howard Gardner
dalam bukunya Multiple Intelligences (meliputi delapan kecerdasan, meliputi:
1. Kecerdasan Spatial atau kecerdasan visual, untuk yakni kemampuan mengenal gambar;
2. Kecerdasan Linguistik, yakni kemampuan untuk menggunakan bahasa;
3. Kecerdasan Interpersonal, kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia;
4. Kecerdasan Music yakni kecerdasan dalam mencipta dan menyanyikan lagu dan irama;
5. Kecerdasan Naturalistic, merupakan kecerdasan dalam mencintai alam, baik binatang maupun tumbih-tumbuhan;
6. Kecerdasan Bodily Kinestetics atau kemampuan raga, merupakan kemampuan untuk memfungsikan gerak fisik, baik tangan maupun kaki, dan organi tubuh lainnya;
7. Kecerdasan Intrapersonal, yakni kemampuan melakukan evaluasi diri atau melakukan evaluasi terhadap diri sendiri.
8. Kecerdasan Logical Mathematics, yakni kemampuan dalam mengoperasikan angka-angka dan kemampuan berfikir kritis dan analisitis.
1. Kecerdasan Spatial atau kecerdasan visual, untuk yakni kemampuan mengenal gambar;
2. Kecerdasan Linguistik, yakni kemampuan untuk menggunakan bahasa;
3. Kecerdasan Interpersonal, kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia;
4. Kecerdasan Music yakni kecerdasan dalam mencipta dan menyanyikan lagu dan irama;
5. Kecerdasan Naturalistic, merupakan kecerdasan dalam mencintai alam, baik binatang maupun tumbih-tumbuhan;
6. Kecerdasan Bodily Kinestetics atau kemampuan raga, merupakan kemampuan untuk memfungsikan gerak fisik, baik tangan maupun kaki, dan organi tubuh lainnya;
7. Kecerdasan Intrapersonal, yakni kemampuan melakukan evaluasi diri atau melakukan evaluasi terhadap diri sendiri.
8. Kecerdasan Logical Mathematics, yakni kemampuan dalam mengoperasikan angka-angka dan kemampuan berfikir kritis dan analisitis.
Taman
kanak-kanak Wiradhika,Cijujung,Kabupaten Bogor sangat memahami usia keemasan
tersebut,sehingga untuk memperkuat masa keemasan anak anak tersebut kami
tambahkan dengan
9.Kecerdasan eksistensial ,yakni kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk
menjawab persoalan – persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia.
10.Kecerdasan Kreativitas,yakni kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang baru, dalam bentuk gagasan
atau objek dalam bentuk atau susunan yang baru
Pada masa keemasan ini anak-anak harus diberikan bimbingan dan latihan untuk menguasai kesepuluh tipe kecerdasan tersebut secara menyeluruh, bukan sebagian-sebagian saja, karena ke sepuluh kecerdasan tersebut saling kait mengait satu dengan yang lainnya. Dalam Kurikulum 2013, kedelapan tipe kecerdasan tersebut dapat dijelaskan dalam tiga kecerdasan secara komprehensif, yang meliputi:
1. Sikap, baik sikap spiritual maupun sikap sosial; atau olah hati;
2. Pengetahuan, atau kecerdasan tentang olah pikir;
3. Keterampilan. atau kecerdasan dalam olah tangan dan fisik lainnya.
Berbahagialah
kita, ketika memasuki masa yang dikenal sebagai masa keemasan tersebut anak kita
telah memperoleh bekal yang cukup tentang sepuluh tipe kecerdasan tersebut,
atau telah memiliki tiga ranah kemampuan tujuan pendidikan tersebut. Sepuluh
tipe kecerdasan atau tiga ranah tujuan pendidikan tersebut merupakan modal
dasar untuk meningkatkan kemampuan anak.Orang tua atau wali murid dapat mendaftarkan
anaknya di
TK Wiradhika ,sekolah yang peduli dengan The Golden Age.
TK Wiradhika ,sekolah yang peduli dengan The Golden Age.
Langganan:
Postingan (Atom)